https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Kampung Mataram 17 Rumah Ludes Dilalap Sijago Merah

9/16/2017
[caption id="attachment_7913" align="alignleft" width="618"] Rumah yang terbakar[/caption]

Penulis : Irfan Bule
SBNews.co.id Pandeglang – Belasan rumah di kampung Mataram desa Sukarame RW. 01, informasi kejadian berawal dari salah satu rumah warga yang sedang memasak dengan bahan bakar kayu pada Jum’at, (15/9/2017), sekira pukul 15.30 WIB, tepatnya di Kampung Tangkolo Mataram RT. 01/01 Desa Sukarame Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang.

Api pertama kali diketahui oleh Ida (24) yang rumahnya juga turut ludes terbakar, dilihatnya api yang bersumber dari rumah kamran yang sedang memasak di atas kompor tungku dengan menggunakan kayu bakar, kemudian Kamran meninggalkan tungku tersebut ke depan halaman rumah untuk membuat atap rumah/weulit, kemudian api dari tungku merambat ke atap rumah Samran, dengan cepat api menjalar ke rumah yang lain, secara umum rumah-rumah yang terbuat dari bahan kayu dan bilik yang sangat rentan terhadap api.

Berikut data korban pemilik rumah non permanen yang habis dilalap api : Karman 60 tahun, Mail 65 tahun, Isah 40 tahun, Kemi 60 tahun, Sukma 50 tahun, Mawi 50 tahun, Rokayah 30 tahun, Jatir 55 tahun, Wadil 30 tahun, Ono 50 tahun, Ida 24 tahun, Raba 50 tahun, Ani 30 tahun, Sarmi 45 tahun, Warsih 60 tahun, Taslim 60 tahun dan Ust. Sahim 40 tahun.

“ Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang yang mengerahkan Tim Pemadam Kebakaran setelah mendapatkan informasi langsung menerjunkan seluruh armada Pemadam Kebakaran yang juga tersebar dibeberapa titik lokasi untuk menuju lokasi kejadian kebakaran yang kemudian pada akhirnya api dapat dipadamkan berkat kekompakan kerjasama tim Pemadam Kebakaran yang tergabung dari Tim Damkar BPBD Kabupaten Pandeglang dan Unit Damkar Panimbang.

Total kerugian keseluruhan materil diperkirakan mencapai Ratusan juta Rupiah dan sejauh ini tidak ada korban jiwa atas kejadian tersebut, untuk sementara para korban yang rumahnya terbakar di tampung di Terminal Kelas C kampung Mataram Desa Sukarame samping Polsek Carita.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pandeglang sampai saat berita ini ditayangkan sedang mempersiapan Tenda penampungan dan Penyediaan Dapur Umum untuk para korban kebakaran, 20 kepala keluarga yang ditampung dipenampungan yang disediakan BPBD Pandeglang yang berlokasi di Terminal Kelas C kampung Mataram.

dikatakan Ketua Rukun Tetangga (RT 01/01) kampung Mataram desa Sukarame kecamatan Carita kabupaten Pandeglang Rafe'i, ia mengatakan bahwa musibah kebakaran ini tidak perlu menyalahkan siapapun, dan iapun berharap agar pemerintah daerah kabupaten dan yang lainnya lebih memperhatikan keadaan masyarakt yang tertimpa musibah di tempatnya.

"saya sangat berharap agar masyarakat yang tertimpa musibah senantiasa bersabar dan jangan sampai saling menyalahkan, karena ini musibah bagi kita semuanya, dan diharapkan masyarakat saya yang tertimpa musibah kebakaran segera mendapatkan bantuan pemerintah dengan semestinya," ujarnya.

bantuan sementara yang berhasil dihimpun Media online SBNews.co.id, diantaranya bantuan sementara dari Dinas Sosial (DINSOS) provinsi Banten berupa 30 Matras, Tetpal 20, 60 Selimut, peralatan dapur 20 dus, sarden 100 kaleng, baju seragam murid Sekolah Dasar 5 stel, seragam siswa SMA untuk laki-laki 1 stel, sandang 25 paket, bantuan tersebut diserahkan oleh Mamat dari pihak Dinsos provinsi kepada Masyarakat yang tertimpa musibah kebakaran tersebut.

Sementara bantuan dari pihak BPBD kabupaten Pandeglang berupa Pakaian layak pakai sebanyak 12 karung yg diserahkan oleh Ade Mulyadi, ditambah satu tenda darurat plus perlengkapan dan bantuan Air Bersih.
para keluarga musibahpun mendapat bantuan swadaya masyarakat desa Sukarame dan beberapa bantuan dri pengusaha setempat.