https://www.idblanter.com/search/label/Template
https://www.idblanter.com
BLANTERORBITv101

Wabup Belitung Berserta Tim Universitas Sahid Gelar FGD Strategi Pengembangan Potensi Wisata Terintegrasi dan Berkelanjutan di Kawasan Wisata Tanjung Kelayang

6/13/2019

Belitung, SBNews.co.id - Bertempat di Hotel Swiss Belresort Tanjung Binga Belitung, digelar Focus Group Discussion dalam Strategi Pengembangan Potensi Wisata Terintegrasi dan Berkelanjutan di Kawasan Wisata Tanjung Kelayang yang di Hadiri oleh Wakil Bupati Isyak Meirobie. Kamis (13/06/19).

Dalam kegiatan FGD ini yang di laksanakan oleh Universitas Sahid dihadiri oleh Dr. Ninin Gusdini, selaku ketua peneliti dan Dekan Fakultas Teknik, Drs. Bernard Hasibuan selaku Wakil Rektor III Univ Sahid, Dr. Ir. Sihono Dwi Waluyo selaku Dekan Fakuktas Ekonomi dan Bisnis, Lisa Ratnasari selaku Ketua Program Studi Teknik Industri, Kepala Dinas Pariwisata Belitung Hermanto, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Edi Usdianto.


Tujuan FGD yang dilaksanakan oleh Universitas Sahid itu adalah penelitian persiapan tahap awal  yang terkait dengan kepariwisataan yang berkelanjutan atau sustainable tourism dan akan melanjutkan terhadap kesiapan Tanjung Kelayang sebagai kawasan wisata unggulan di Kabupaten Belitung.

Sebagai tuan rumah dan mewakili Pemerintah Belitung Wakil Bupati Belitung Isyak Meirobie
mengatakan.

"Dalam hal ini Tanjung Kelayang terdiri atas dua faktor, yang pertama Tanjung Kelayang di lihat dari sisi pantai, dan yang kedua Tanjung Kelayang di lihat dari Kawasan Ekonomi Khusus atau sebuah clauster kepariwisataan yang lebih luas.

“Kedua hal itu merupakan konteks yang sangat berbeda, dan di Belitung tempat wisata bukan hanya Tanjung Kelayang, tentunya Tanjung Kelayang merupakan Icon afau stimulator yang mendatangkan turis-turis untuk hadir, dan menjadi pusat terpadu kepariwisataan." Ujar Isyak Meirobie.

Lanjut Isyak Meirobie mengatakan,dalam hal ini Pemerintah Kabupaten Belitung mengandalkan Destinasi Wisata Belitung lainnya yang sudah eksis seperti Geo Side yang akan mendukung Unesco Global Geopark yang akan datang.

"Tanjung Kelayang memang bagus untuk pariwisata yang bisa di kembangkan, namun harus melakukan koordinasi yang begitu kuat sehingga yang menjadi harapan Tanjung Kelayang bisa Sustainable dalam pembangunan wisatanya bisa terwujud." Ucap Wakil Bupati Belitung ini.

Dr. Ninin Gusdini selaku ketua peneliti dan Dekan Fakultas Teknik Universitas Sahid dalam hal ini pihaknya lebih tertarik memilih Tanjung Kelayang karena Tanjung Kelayang begitu berpotensi dan masih relatif baru dan masih belum termaksimalkan di kembangkan.

“Borobudur dan Bali serta lainya itu memang sesuatu hal yang sudah sering orang dengar mungkin tinggal Revitalisasi, Tapi beda dengan Tanjung Kelayang adalah wisata baru yang bagus dan berpotensi sekali, jadi dalam hal ini kami hingga sampai menuju pulau Belitung in tertarik untuk melakukkan penelitiannya." Ucap Dekan Fakultas Teknik Universitas Sahid.
(Hdf/Lucky)

Author

Admin